Idul Adha Berlalu, Harga Ayam Berikut Telur Masih Bertahan, Harga Cabai Sentuh Rp100 Ribu

- 5 Juli 2023, 16:58 WIB
Pasca Idul Adha 1444 Hijriah harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional Kota Bandung masih relatif tinggi.
Pasca Idul Adha 1444 Hijriah harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional Kota Bandung masih relatif tinggi. /Portal Bandung Timur/heriyanto

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pedagang dan konsumen di Kota Bandung mengeluhkan harga sejumlah bahan pokok bertahan tidak mengalami penurunan pasca Idul Adha 1444 Hijriah. Harga danging ayam dan telur ayam sudah hampir sebulan tidak mengalami penurunan dan harga cabai merah maupun cabai tanjung kembali merangkak naik.

Sebagaimana dipantau Portal Bandung Timur di sejumlah pasar di wilayah  Bandung timur seperti di Pasar Cicaheum, Ujungberung dan Ciwastra. Harga daging ayam masih bertahan di atas Rp40.000 per kilogramnya dan harga telur ayam negeri kembali sentuh Rp30.000 per kilogram.

“Ketika mau Idul Adha harga ayam pedaging sempat turut Rp2.000, tapi hari ini kembali sudah Rp41.000 perkilonya dan harga ayam pejantan  Rp43.000 hingga Rp45.000 perkilonya,” terang Dadang seorang pedagang subuh di Pasar Ujungberung, Jalan HA Nasution kepada Portal Bandung Timur Rabu 5 Juli 2023.

Baca Juga: Bawang Merah dan Cabe Hasil Kebun PT CSM BUMD Cianjur Siap Stabilkan Harga Jelang Lebaran

Masih bertahannya harga ayam menurut Dadang, dikarenakan masih tingginya harga pakan ayam  tingkat peternak. “Selain itu menurut beberapa pengirim sekarang ini kondisi cuaca juga sangat berpengaruh sekali, karena sudah musim kemarau tapi masih turun hujan, sementara ayam sangat rentan terhadap cuaca, karenanya tidak sedikit ayam yang kondisinya tidak sehat atau ayam KW hasil sortiran,” ujar Dadang.

Harga telur ayampun yang sebelumnya sempat turun menjadi Rp27.000 menjelang Idul Adha, kembali naik. Di beberapa pasar seperti di Pasar Cicaheum Bandung harga telur ayam negeri kembali menyentuh Rp30.000 perkilogram, bahkan telur fres atau baru perkilonya Rp32.000 dan telur dengan omega3 Rp36.000 perkilogramnya.

“Kalu jelang Idul Adha sempat turun karena ada operasi pasar oleh pemerintah. Tidak ada operasi pasar lagi harga naik lagi karena harga pakan ayam juga tidak turun-turun ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak bagus, katanya banyak ayam yang mati dan produksi telur turun karena cuaca musim kemarau yang masih turun hujan,” ujar Umar seorang pedagang telur di Pasar Cicaheum Bandung.

Baca Juga: WOW, Harga Telur Ayam Ras Kembali Sentuh Rp32 Ribu Per Kilo

Selain harga ayam dan telur ayam, harga sayur mayur juga masih lumayan tinggi disejumlah pasar tradisional. Seperti harga cabai merah di Pasar Cicaheum dan Pasar Ciawastra Buah Batu mencapai Rp80.000 perkilogramnya, bahkan untuk jenis cabai tanjung sampai Rp 110.000 perkilogramnya. Sementara untuk harga cabai rawit  perkilogramnya antara Rp40.000 hingga Rp52.000 perkilogramnya.

“Harga sayuran memang masih lumayan masih tinggi. Dari petaninya saja harga cabai rawit masih Rp30.000 sampai Rp40.000, sayur kol Rp7.000, untuk kentang mulai Rp5.000 dan wortel bisa sampai Rp8000 perkilonya,” ujar Mulyana pedagang sayuran di Pasar Ciwastra Buah Batu Bandung.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah