Kunjungan Kerja Pertama Menparekraf Sadiaga Uno Pastikan Penerapan CHSE

- 27 Desember 2020, 14:07 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berbincang langsung dengan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali.
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berbincang langsung dengan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali. /Dok. Humas Kemenparekraf/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Kepatuhan wisatawan dan para pengunjung untuk kepentingan bersama.  Penerapan protokol kesehatan CHSE atau K4 harus dipatuhi dengan betul-betul ketat dan disiplin.

Demikian dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pawisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat melakukan kunjungan kerja ke Bali Minggu 27 Desember 2020.  Kunjungan dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat di berbagai destinasi saat momen libur Natal dan Tahun Baru 2020.

"Kedatangan saya ke Bali kali ini guna memastikan penerapan protokol kesehatan telah dijalankan dengan disiplin di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, yaitu Bali," ujar Sandiaga Uno saat menyaksikan langsung alur protokol kesehatan yang dilaksanakan pemerintah Prov. Bali, yang dilakukan langsung sejak pengambilan bagasi di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar. 

Baca Juga: Hasil Liga Inggris, Arsenal Berhasil Bangkit Dari Kematian

Terkait penerapan protokol kesehatan, menurut Sandiaga Uno, Gubernur Bali I Wayan Koster dalam Surat Edaran (SE) Nomor 2021 Tahun 2020. Mewajibkan pengunjung yang hendak memasuki Bali melalui transportasi udara untuk melakukan test PCR H-7 sebelum keberangkatan.

Dalam peninjauan destinasi pertamanya,sejak dilantik oleh Presiden Joko Widodo, 23 DEsember 2020, Sandiaga Uno melihat kesiapan penerapan protokol kesehatan CHSE atau K4. Yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Keberlangsungan Lingkungan) di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, mulai alur penumpang saat turun dari pesawat, validasi formulir deklarasi kesehatan (E-HAC), dan surat keterangan PCR.

"Saya ingin melaporkan, kebetulan kita lihat dengan mata kepala sendiri proses penerapan protokol kesehatan yang hanya bertambah 3 detik dari keseluruhan tahapan yang mengacu pada protokol yang sudah ditetapkan. Saya harapkan kepatuhan dari para wisatawan dan para pengunjung yang datang ke Bali dari seluruh daerah, karena ini untuk kepentingan kita bersama. Kita patuhi dengan betul-betul ketat dan disiplin," terang Sandiaga Uno.

Baca Juga: Bupati Acep Purnama Monitoring Ketersediaan Bahan Pangan di Pasar Kadugede

Dari pihak Posko Natal dan Tahun Baru 2021, Sandiaga Uno mendapat data, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai menunjukkan jumlah penumpang pesawat domestik terus bertambah. Pertumbuhan rata-rata harian penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru sebesar 14 persen. Data dari 18 Desember hingga 26 Desember 2020, jumlah penumpang yang tiba di Bali sebanyak 62.093 penumpang. Sementara untuk keberangkatan, sebanyak 54.317 penumpang.  

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: kemenparekraf.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x