Trend Perekonomian Dunia, Ekonomi Hijau dan Ekonomi Digital

- 25 Januari 2021, 11:00 WIB
Presiden RI Joko Widodo.
Presiden RI Joko Widodo. /Tangkapan Layar Youtube Kesektariatan Presiden/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pengusaha Indonesia harus mampu mengikuti ekonomi hijau dan ekonomi digital. Dua trend ekonomi global di negara-negara maju selaras dengan perekonomian dalam jangka panjang.

“Dalam jangka panjang, saya melihat kita memiliki kekuatan di green product dan green economy. Ini yang akan berkembang. Kita memiliki kesempatan yang besar masuk ke produk hijau dan ekonomi hijau ini baik dari sisi produksi, distribusi, dan konsumsi,” ujar Presiden Joko Widodo, sebagaimana dikutip dari laman setkab.go.id.

Baca Juga: ShopeePay Mantul Sale (SMS), Promo Bulanan dari Shopee Bikin Belanja Bulanan Lebih Irit

Disampaikan Kepala Negara, kesadaran masyarakat yang semakin tinggi akan kelestarian lingkungan hidup menjadikan produk dan ekonomi hijau terus berkembang. Hal tersebut diyakini akan turut memengaruhi ekonomi dan bisnis global. Hal ini juga akan berdampak pada perekonomian Indonesia.

Selain ekonomi hijau, Presiden juga melihat di masa saat ini, semua sektor mau tidak mau harus masuk ke tahapan digitalisasi. Di tengah melesatnya perekonomian digital dewasa ini, Kepala Negara menyebut bahwa industri dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

“Pemerintah, pendidikan, hingga sektor kesehatan semuanya harus masuk pada digitalisasi sehingga makin efisien, kompetitif, dan kita bisa bersaing dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Baca Juga: Citarasa Kopi Indonesia Akan Hadir di Hangzhou RRT

Kepala Negara meminta seluruh pihak untuk dapat menjawab tantangan sekaligus peluang tersebut. Menurutnya, tahun 2021 ini dapat dijadikan momentum bagi semuanya untuk bangkit dan melewati masa krisis hingga menjadikan Indonesia sebagai sebuah negara yang semakin tangguh dan maju.

“Tahun 2021 adalah momentum kita untuk bangkit. Jika kita mampu melewati masa krisis ini dengan baik, kita akan lebih siap menjawab tantangan-tantangan ke depan dan bertransformasi negara kita menjadi sebuah kekuatan ekonomi baru, semakin tangguh, dan menjadi negara maju,” tuturnya. (heriyanto)***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x