IKM Kabupaten Bandung Berharap Angin Segar, Usia Dikunjungi Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang

- 7 Juni 2021, 08:04 WIB
Ketua Umum DPP  Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita ke pabrik teksil PT Santosa Kurnia Jaya Jalan Anyar Desa Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung.
Ketua Umum DPP  Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita ke pabrik teksil PT Santosa Kurnia Jaya Jalan Anyar Desa Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung. /Portal Bandung Timur/hp.siswanti/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Kunjungan Ketua Umum DPP  Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita ke Kabupaten Bandung diharap jadi angin segar bagi  pelaku IKM (Industri Kecil Menengah). Kebijakan pemerintah pusat dan daerah kedepan diharapkan  betul-betul seiring dan sejalan.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Bandung H. Sugianto terkait dengan kunjungan  Ketua Umum DPP  Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita kesejumlah kegiatan IKM di Kabupaten Bandung. "Ini dalam rangka menyikapi para pelaku IKM, terutama khas tekstil dan produk tekstil yang ada di wilayah Majalaya  Kabupaten Bandung," kata Sugianto kepada wartawan disela kunjungan di pabrik teksil PT Santosa Kurnia Jaya Jalan Anyar Desa Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung.

Ditegaskan Sugianto, kebijakan pemerintah pusat dan daerah harus betul-betul seiring dan sejalan. "Bagaimana nanti daerah akan mendorong produk hukum, supaya ada perlindungan terhadap para pelaku IKM. Dan nantinya keberlangsungan usaha mereka akan berjalan dengan baik.  Ini yang nanti akan didorong di level Pemerintahan Kabupaten Bandung," ungkapnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kampung Ciburial Cibogo, Kabupaten Bandung Barat, Terus Bertambah

Tentunya, imbuh dia, payung hukum di pemerintah pusatnya harua disiapkan. "Saya yakon pemerintah pusat sudah menyiapkan payung hukum, sehingga nanti keberlangsungan seluruh IKM di Kabupaten Bandung, bisa lebih baik kedepan dan bisa bersaing," tutur Sugianto.

Ia pun mengungkapkan, terkait dengan keluhan para pelaku IKM dengan banyaknya produk impor dan produk dalam negeri tak bisa bersaing terkait harga di pasaran, harus dibarengi dengan adanya grand desain atau grand strategi dari pusat ke daerah. 

Baca Juga: Pembangunan Desa Wisata Jadi Acuan Tren Wisata Pasca Pandemi Covid-19

"Saya pikir kalau dari pusat sudah ada sinyal dalam pengaturan regulasi sampai ke bawah, daerah akan sangat siap membantu mendorong pemerintah pusat supaya keberlangsungan IKM di daerah lebih baik. Karena IKM basisnya ada di daerah," ujar Sugianto.

Sugianto berharap stimulus yang diberikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Perindustrian bisa ditindaklanjuti hingga basis atau daerah. (neni mardiana)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah