Pemkab Bandung Janji Bangun Galeri Sarung Majalaya Untuk Gairahkan Produk Sarung Majalaya

- 13 Maret 2022, 21:00 WIB
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung Dicky Anugrah saat mencoba alat mesin tenun tangan  pada Festival Sarung Majalaya  yang berakhir pada Minggu 13 Maret 2022.   
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung Dicky Anugrah saat mencoba alat mesin tenun tangan  pada Festival Sarung Majalaya  yang berakhir pada Minggu 13 Maret 2022.   /Portal Bandung Timur/neni mardiana/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung Dicky Anugrah mengapresiasi Festival Sarung Majalaya  yang berakhir pada Minggu 13 Maret 2022. Pada tahun 2022  DED (Detail Engineering Development) Galeri Sarung Majalaya dapat diselesaikan dan tahun 2023 sudah memasuki tahap pembangunan.

"Seperti disampaikan Pak Bupati Bandung Dadang Supriatna, Majalaya sebagai Kota Dolar harus diwujudkan kembali di masa kepemimpinan Pak Bupati saat ini. Karenanya berbagai upaya untuk menggairahkan kembali industri tekstil Majalaya harus terus dilakukan para pengusaha maupun pemerintah daerah," kata Dicky Anugrah kepada wartawan usai penutupan Festival Sarung Majalaya yang berlangsung di i The Matic Mall Jalan Raya Anyar Desa Majasetra Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Minggu 13 Maret 2022 petang.

Disampaikan Dicky Anugrah, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung sangat mengapresiasi kegiatan Festival Sarung Majalaya yang  Forum UMKM Nuswantara (FUN) dibawah binaan HIPMI Kabupaten Bandung. "Kegiatan Festival Sarung Majalaya ini, diharapkan menjadi kalender event tetap yang diselengarakan setiap tahunnya dengan melibatkan dan memberikan kesempatan pada  seluruh pengusaha tekstil untuk terlibat dan mempromosikan prodaknya di Festival sarung Majalaya, “ ujar Dicky Anugrah.

Baca Juga: Lagi, Bruno Cantanhede Membuat Persib Bandung Sementara Unggul

Ia pun berharap FUN sebagai penyelenggara kegiatan festival sarung ini bisa menjadi leader para pelaku IKM sarung Majalaya. "Mulai dari produksi, pemasaran atau penjualan," harapnya.

Dicky juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bandung akan membangun galeri pada lahan yang akan dibangun Pasar Majalaya atau pada lahan milik pemerintah tersebut di Jalan Anyar Desa Majalaya. Di lahan seluas 5 hektare akan dibangun galeri sarung Majalaya, dan saat ini sedang dalam proses lanjutan pembangunan Pasar Majalaya tersebut.

"Kita akan anggaran pada 2023 mendatang, dan DED (Detail Engineering Development) akan dibuat tahun 2022 ini. Dengan harapan, pada 2023 mendatang pembangunan galeri sarung Majalaya bisa dilaksanakan," katanya.

Pembangunan galeri sarung itu, kata Dicky, selain untuk menyimpan produk sarung, juga untuk pemasaran atau penjualannya.

Dicky mengatakan, festival sarung Majalaya ini tanpa anggaran dari APBD dan ini dilaksanakan oleh FUN Kabupaten Bandung. "Pemerintah hanya mensuport, dengan harapan penyelenggaraan festival sarung ini berjalan sukses dan lancar. Ini awal dari sebuah kegiatan yang dilaksanakan FUN," katanya. (neni mardiana)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah