Sri Mulyani, Pandemi Covid-19 Memaksa Menggunakan Teknologi Digital

- 20 Desember 2022, 09:10 WIB
Ilustrasi sistem komputerisasi. Dampak positif pandemi Covid-19 transformasi digital berjalan dan terakselerasi.
Ilustrasi sistem komputerisasi. Dampak positif pandemi Covid-19 transformasi digital berjalan dan terakselerasi. /Pixabay/geralt/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Dampak positif pandemi Covid-19 transformasi digital berjalan dan terakselerasi. Dalam satu dekade terakhir ini, perjalanan Kementerian Keuangan untuk terus membangun dan menggunakan teknologi digital dalam melaksanakan tugas sebagai bendahara negara.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada acara Conference on Public Finance and Treasury 2022.  “Dengan pandemi kita semua dipaksa untuk menggunakan teknologi digital untuk bisa menyelenggarakan tugas dan fungsi serta responsibility dari pemerintahan, termasuk di bidang keuangan negara, “ujar Menkeu Sri Mulyani Indrawati pada acara yang diselenggarakan secara virtual.

Dikatakan  Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Kementerian Keuangan sebetulnya sudah memiliki roadmap untuk transform secara digital. Namun roadmap ini kemudian ter-disrupsi dan bahkan diakselerasi dengan datangnya pandemi.

Baca Juga: Selasa 13 Desember 2022, di Kota Bandung dan Sekitarnya Cerah Berawan

“Yang tadinya kita perkirakan akan memakan waktu 3 hingga 4 tahun. Kita dipaksa untuk berubah hanya dalam waktu 1 bulan,” ujar Menkeu Sri Mulyani Indrawati.

Menurut Menkeu Sri Mulyani Indrawati, teknologi digital adalah sesuatu yang bisa memberikan banyak manfaat terutama untuk institusi publik. Seperti Kementerian Keuangan, dalam menjalankan fungsi penerimaan negara, fungsi bendahara negara sisi belanja, dan tugas perbendaharaan (treasury function) dari sisi pengelolaan kas, manajemen perbendaharaan, dan manajemen pembiayaan utang.

Selain itu, Kementerian Keuangan terus melakukan proses digitalisasi mengawasi dan memanfaatkan aset-aset negara secara optimal. “Dalam satu dekade terakhir ini, perjalanan Kementerian Keuangan untuk terus membangun dan menggunakan teknologi digital dalam melaksanakan tugas sebagai bendahara negara sangat banyak dilakukan, dan juga sudah banyak membuat hasil,” ujar Menkeu Sri Mulyani Indrawati.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Ingatkan Kondisi Tahun Depan

Kementerian Keuangan menurut Menkeu Sri Mulyani Indrawati, telah membangun Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) dan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) sebagai salah satu penggunan teknologi digital.

Penggunaan aplikasi digital  akan mendorong sistem perbendaharaan yang modern, yang memungkinkan juga untuk memperbaiki dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan anggaran dan pertanggungjawaban pelaporan keuangan.

“Ini memungkinkan pengelolaan keuangan negara menjadi semakin transparan, makin akuntabel, dan juga makin tepat kualitas. Ini sangat penting di dalam menjaga kredibilitas dari keuangan negara, dan dari sisi confidence atau kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,” kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah