Wisata Taman Nasional Baluran

- 12 Desember 2020, 18:30 WIB
Padang savana Taman Nasional Baluran.
Padang savana Taman Nasional Baluran. /Portal Bandung Timur/May Nurohman/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Ingin merasakan eksotisnya padang savana? Ingin menikmati lebatnya hujan tropis? Baluran National Park atau Taman Nasional Baluran dijuluki sebagai Africa van Java atau little Africa.

Taman Nasional Baluran seringkali disebut sebagai Afrika nya Jawa. Karena alam serta flora dan fauna Baluran sekilas memang mirip dengan kondisi alam Afrika. Wisata Baluran National Park seluas 25 ribu hektar ini berada di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, namun sebenarnya lokasi ini lebih dekat dengan Kota Banyuwangi, hanya sekitar 35 km dari Kota Banyuwangi ke arah utara, sedangkan dari Kota Situbondo jaraknya lebih dari 60 km.

Karena letaknya yang tepat berada di perbatasan dua Kabupaten itulah, maka sebagian orang menyebutnya sebagai Wisata Baluran Banyuwangi, sementara sebagian yang lain menyebutnya wisata Baluran Situbondo.

Baca Juga: Keindahan Pantai dan Pelestarian Penyu Hijau di Pantai Sindangkerta

Baca Juga: Pantai Karang Hawu : Antara Keindahan dan Mistik

Taman Nasional Baluran adalah area konservasi flora dan fauna, khususnya untuk jenis-jenis satwa mamalia besar, terutama bagi banteng Jawa (Bos javanicus javanicus) yang terancam punah.

Populasi banteng di Baluran saat ini tinggal tersisa sekitar 30 ekor, sementara di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi masih lebih banyak, yaitu sekitar 80 ekor. Populasi ini sangat menurun jika dibandingkan tahun 90-an yang masih mencapai ratusan ekor di masing-masing taman nasional.

Wisata Baluran National Park memiliki primadona yaitu savana Bekol yang indah, sebuah padang savana alami terluas di pulau Jawa, seluas kurang lebih 300 hektar, dengan latar belakang pemandangan gunung Baluran yang gagah menjulang.

Baca Juga: Pantai APRA Sindang Barang Cianjur

Halaman:

Editor: May Nurohman S


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah