Bantuan Diterjunkan ke Gaza Lewat Jalur Udara, Joe Biden Minta Israel Hentikan Serangan Selama Ramadhan

- 4 Maret 2024, 00:39 WIB
Rakyat Palestina berlari mengejar bantuan makanan yang disalurkan melalui jalan udara dengan cara diteerjunkan karena sulitnya akses masuk melalui jalur darat.
Rakyat Palestina berlari mengejar bantuan makanan yang disalurkan melalui jalan udara dengan cara diteerjunkan karena sulitnya akses masuk melalui jalur darat. /Tangkapanlayar YouTube CBS/

PORTAL BANDUNG TIMUR – Selama bulan Ramadhan Presiden Amerikan Serikat Joe Biden meminta Israel dan Hamas menghentikan peperangan. Selain untuk menghentikan terus jatuh korban jiwa juga untuk mempermudah pengiriman bantuan untuk menghindari pengungsi yang menderita kelaparan.

Hal tersebut disampaikan Joe Biden dalam pernyataan resminya ditengah masih berlangsungnya negosiasi upaya gencatat senjata.  Saat ini Amerika Serikat tengah melakukan upaya penyaluran bantuan ke Gaza melalui udara  menyusul lebih dari 100 warga Palestina yang tewas dalam konvoi bantuan.

Selain itu Presiden Joe Biden mengatakan bahwa pembicaraan gencatan senjata masih terus berlangsung. Gencatan sejata dilakukan dalam upaya mengurangi korban sipil dan mengizinkan lebih banyak bantuan masuk ke Gaza.

Baca Juga: Ini Sikap Tegas Indonesia di Mahkamah Internasional Terkait Pendudukan Zionis Israel di Palestina

Ditegaskan Joe Biden, Amerika Serikat ingin berbuat lebih banyak untuk Gaza.  Pada hari Jumat pemerintahnya akan mulai mengirimkan pasokan bantuan dari udara ke wilayah yang bermasalah.

“Orang-orang yang tidak bersalah terjebak dalam perang yang mengerikan, tidak mampu memberi makan keluarga mereka. Dan Anda melihat responsnya ketika mereka mencoba untuk mendapatkan bantuan,” kata Joe Biden sebagaimana dikutip dari situs berita LiveMint, Minggu 3 Maret 2024.

Joe Biden menyatakan pihaknya akan bersikeras agar Israel membiarkan lebih banyak truk bantuan masuk. Sementara Israel juga akan mempertimbangkan kemungkinan adanya koridor laut untuk menyalurkan bantuan dalam jumlah besar ke Gaza.

Baca Juga: Hamas Bebaskan 50 Sandera, Israel Lepas 150 Tawanan dari Penjara Ofer Israel

“Kita akan sampai di sana. Tapi kita belum sampai di sana – kita mungkin belum sampai di sana,” kata Joe Biden.

“Sangat sulit untuk melakukan serangan udara di lingkungan yang padat seperti di Gaza,” tambah Joe Biden seraya mengharapkan kesepakatan mengenai gencatan senjata enam minggu menjelang bulan suci Ramadhan, yang akan dimulai pada 10 atau 11 Maret, tergantung pada kalender lunar.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah