Hutan Mangrove Harus Bukan Hanya Sekedar Penyelamatan Abrasi Pantai

- 11 Januari 2021, 23:30 WIB
Hutan Mangrove Karangsong.
Hutan Mangrove Karangsong. /Portal Bandung Timur/Heriyanto Retno/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan, berharap sinergi pelaksanaan pemulihan ekosistem mangrove dapat berjalan dengan lancar.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diharapkan dapat membangun jalur wisata alam mangrove dan mengembangkan model eco-tourism berbasis mangrove.

"Saya kira wisata mangrove ini penting, mangrove bagus untuk wisata. Saya pikir banyak yang bisa dibuat dari pengelolaan ekosistem mangrove," ujar Luhut Panjaitan pada Rapat Video Conference yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Senin 11 Januari 2021.

Baca Juga: Anggota Polsek Majalaya Jalani Rapid Test Antigen, Ini Hasilnya  

Disarankan Luhut Panjaitan, bagi para tour guide nantinya tidak hanya memiliki kemampuan menjelaskan wisata mangrove dari sisi lingkungannya saja. Melainkan juga dari sisi manfaat kesehatan yang bisa didapat wisatawan.

"Pengalaman saya ketika meninjau di Brebes, Mangrove ini bukan hanya menarik di wisata lingkungannya, tapi juga dari kesehatannya. Berjalan menyusuri Mangrove ini enak sekali udaranya sehingga baik untuk pernapasan. Nah ini juga bisa dijelaskan tour guide kepada wisatawan," ujar Luhut Panjaitan.

Hutan Mangrove Karangsong.
Hutan Mangrove Karangsong.

Terkait masukan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa ekosistem mangrove ini memiliki potensi wisata yang diminati oleh generasi milenial.

Baca Juga: Mohamed Salah Tak Betah, Liverpool Tetap Tenang

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah