Sahrul Gunawan, Desa Wisata Dipromosi Baik Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

- 5 Oktober 2021, 19:14 WIB
Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan saat menyusuri pematang sawah di Desa Wisata Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung.
Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan saat menyusuri pematang sawah di Desa Wisata Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. /Foto : Dok. Humas Pemkab Bandung/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Kehadiran Desa Wisata di wilayah Kabupaten Bandung mampu mengangkat perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Selain aspek sosial budaya kehadiran Desa Wisata juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar Desa Wisata.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan saat melakukan peninjauan Desa Wisata dengan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung, Selasa 5 Oktober 2021.

“Pemeritah Kabupaten Bandung terus menggenjot pemulihan perekonomian dari berbagai sektor, dalam kondisi sekarang ini dimana pandemi Covid-19 belum berakhir, sektor pariwisata dan UMKM sebagai lokomotif penggerak perekonomian,” ujar Wabup Sahrul Gunawan.

Dikatakan Sahrul Gunawan, kehadiran Desa Wisata di pelosok pedesaan dapat membantu membangkitkan perekonomian warga di tengah Pandemi Covid-19. “Hal yang lebih penting dari kehadiran Desa Wisata adalah, terciptanya lapangan penkerjaan karena masyarakat dapat dilibatkan dalam berbagai aktivitas pariwisata,” ujar Sahrul Gunawan.

Baca Juga: Ternyata, Pool Taksi AA Sengaja di Bakar Karena Ini

Terhadap upaya-upaya pemulihan perekonomian masyarakat dipelosok pedesaan menurut Sahrul Gunawan, Pemkab Bandung terus mendukung dan memberikan kemudahan dalam masalah perizinan. “Seperti dalam hal UMKM, Pemkab Bandung akan mendorong digitalisasi UMKM dan akan mempermudah pengurusan izinnya, nantinya para pelaku ini dapat meningkatkan kreativitasnya dan mempromosikan produk-produknya,” ujar Sahrul Gunawan.

Hal yang paling terpenting dalam pengembangan sektor pariwisata dan UMKM menurut Sahrul Gunawan adalah masalah promosi produk pariwisata dan UMKM. Peran teknologi digital sangatlah penting bagi para pelaku usaha untuk  memasarkan produknya secara lebih luas.

Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan saat menikmati terasiring pesawahan di ketinggian di Desa Wisata Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung.
Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan saat menikmati terasiring pesawahan di ketinggian di Desa Wisata Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung.
“Salah satunya dengan cara membuat konten yang menarik dan memanfaatkan media sosial. Sebagai contoh aplikasi instagram dan tiktok menjadi platform yang sangat diminati masyarakat luas, hal itu patut dicoba sekaligus dikembangkan oleh para pengelola UMKM maupun tempat wisata desa di sini,” ujar Sahrul Gunawan seraya menambahkan agar informasi tentang Desa Wisata dan produk UMKM sebut dengan jelas tanpa rekayasa. (heriyanto)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x