5 Faktor Utama Penghambat Suatu Usaha Berikut Solusinya

- 11 November 2020, 09:43 WIB
Ilustrasi kegagalan dalam berusaha.
Ilustrasi kegagalan dalam berusaha. /Pixabay/Mediamodifier/

PORTAL BANDUNG TIMUR – MENJALANKAN suatu usaha bukanlah hal yang mudah dilakukan. Selain memiliki potensi untuk menjadi tumpuan ekonomi dan sumber penghasilan, juga sebagai sumber stres dan memiliki resiko.

Terdapat banyak hal yang mempengaruhi suatu usaha berjalan dengan baik, mulai dari ide, sejauh mana memahami terhadap usaha tersebut, dan seberapa besar faktor spekulasi yang diambil dalam menjalankan usaha.

Namun harus disadari bahwa tidak ada sosok entrepreneur yang sempurna, kegagalan jangan dipandang sebagai suatu rintangan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha, yaitu:

Baca Juga: Ini Kisah Sebuah Aplikasi Raksasa Bernama TikTok

Baca Juga: 15Minutes4me TikTok, Sisi Positif Media Sosial ?

1. Perencanaan

Perencanaan kurang matang dapat menjadi kendala pada tahap-tahap awal menjalankan usaha. Perencanaan matang mencakup segala sesuatu yang ingin diraih dan diwujudkan dalam pelaksanaannya termasuk gambaran produk yang akan dihasilkan.

2. Mental

Tekad dan kemauan keras merupakan faktor berikutnya. Jika anda yakin, maka jangan goyah meski menghadapi kegagalan berulang. Mental kuat dan berpikir positif adalah kuncinya.

Halaman:

Editor: Agus Safari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x