Ajeng Meiwita, Ekonomi Kreatif Pijakan UMKM Naik Kelas

- 10 Juli 2023, 21:00 WIB
Pelaku UMKM dan ibu-ibu rumah tangga antusias mengikuti demo masak dipandu cheef berpengalaman dalam acara Cooking Demo Saldan & Bola Deli.
Pelaku UMKM dan ibu-ibu rumah tangga antusias mengikuti demo masak dipandu cheef berpengalaman dalam acara Cooking Demo Saldan & Bola Deli. /Foto: Portal Bandung Timur/Ari Prianto Teguh/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), bisnis kuliner bisa menjadi pilihan terbaik meningkatkan  pendapatan atau omset usaha secara signifikan.

Apalagi jika pilihan bisnis tersebut dipadukan dengan trend ekonomi kreatif, maka sangat terbuka peluang UMKM naik kelas. Artinya, dengan pendekatan ekonomi kreatif, bisnis UMKM menjadi lebih bernilai.

Usaha tidak sekedar mendapat keutungan belaka, namun dapat terkondisikan secara kualitas dan manfaat jangka panjang baik bagi si pengusaha maupun bagi para konsumennya.

Member Komunitas Co Working Space (CWS) Panyileukan, Ajeng Meiwita, menyampaikan hal tersebut kepada Portal Bandung Timur, di sela-sela kegiatan Cooking Demo Saldan dan Bola Deli, Senin, 10 Juli 2023 bertempat di Cafe Ayang Jalan Plamboyan Cipadung Kidul Panyileukan Kota Bandung.

Baca Juga: Sektor Pariwisata Jawa Barat Terus Bangkit Pasca Pandemi Covid-19

"UMKM bidang kuliner berkembang pesat saat ini, terutama di Kota Bandung. Kemampuan para pengusaha UMKM bertahan dalam bisnisnya, karena kepemilikan kemampuan dasar mengolah makanan dan inovasi terkait produk-produk yang dihasilkannya," ungkap Ajeng Meiwita.

Dalam memperoleh pemahaman mengenai inovasi dan perkembangn bisnis kuliner, menurut Ajeng Meiwita, para pengusaha harus giat mencari, menggali dan mengikuti proses belajar sepanjang waktu. Saluran informasi dan perkumpulan untuk menggali kemampuan mencipta inovasi, saat ini begitu banyak.

 Salah satu kegiatan demo masak bersama  Saldan dan Bola Deli seperti ini, menurutnya dalam rangka turut serta membuka ruang kreasi, inovasi dan pengalaman mengelola makanan menjadi komoditi kuliner berkualitas.

Baca Juga: Yeane Sunatra Ingin Memberikan Kontribusi Pemikiran Bagi Pembangunan UMKM Kota Bandung

"Disamping pengusaha UMKM, sama halnya bagi para ibu zaman sekarang, dituntut memiliki inovasi dan kemampuan mengolah makanan berkualitas. Makanan tersebut nantinya dimanfaatkan baik itu untuk sajian keluarga maupun untuk usaha sampingan," ujar  Ajeng Meiwita.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x