Aroma Kopi Asal Selatan Kabupaten Bandung Semakin di Buru

- 12 Juli 2022, 01:00 WIB
Seorang buruh tani sedang menjemur kopi di Ciparay Kabupaten Bandung.
Seorang buruh tani sedang menjemur kopi di Ciparay Kabupaten Bandung. /Portal Bandung Timur/neni mardiana/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Penikmat kopi di Kabupaten Bandung semakin hari semakin bertambah. Apalagi aroma kopi asal Kabupaten Bandung, yang dihasilkan dari berbagai daerah di kawasan perkebunan kopi menyuguhkan rasa kopi yang tidak kalah dengan kopi dari daerah lain.

Sederet daerah penghasil kopi, seperti Kamojang, Gunung Puntang, Walahir, dan kopi daerah lainnya, kini semakin memanjakan pecandu kopi. Bahkan tidak sedikit yang memburu langsung ke tempat asalnya.

"Bagi penikmat kopi, tentunya akan ketagihan ketika mencicipi kopi asli dari hasil racikan atau produksi para petani setempat di Kabupaten Bandung. Kopi asal Kabupaten Bandung, disukai banyak orang. Seperti halnya dialami saya sendiri, hampir setiap hari minum kopi asal Kamojang Kecamatan Ibun," kata Pipin Zaenal Arifin, penikmat kopi Kamojang di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, dalam obrolannya dengan Portal Bandung Timur, Senin 11 Juli 2022 malam.

Baca Juga: Tengoklah ke Atas Langit, Berbagai Fenomena Alam Tengah Terjadi

Kebiasaan minum kopi asli asal Kamojang itu, Pipin membeli sendiri dari pedagang kopi langsung di Kecamatan Ibun. Terkadang ia membuat sendiri kopinya, dan langsung diseduh sesuai dengan selera sendiri.

"Minum kopi itu, akhir-akhir ini menjadi minuman pelengkap untuk silaturahmi. Disaat ada tamu ke rumah atau ke tempat kerja, saya sudah terbiasa menyiapkan kopi, bahkan kopinya membawa dari rumah. Disaat bekerja pun, kopi menjadi pelengkap dalam beraktivitas," katanya.

Untuk menikmati kopi itu, imbuh Pipin, terkadang tanpa campuran, hanya kopi saja yang sudah diseduh dengan air panas yang benar-benar mendidih. Supaya rasanya semakin nikmat, dan aromanya pun akan tercium dengan bau yang khas.

Baca Juga: Mulai 17 Juli 2022, Syarat Penumpang Kereta Api yang Belum Vaksinasi Booster Wajib Test PCR atau Antigen

"Tapi kalau mau sedikit manis, air kopi yang diseduh itu ditambah campuran gula putih atau gula aren. Ada juga yang menggunakan campuran madu. Soalnya, rasa kopi itu bergantung pada selera masing-masing. Jika kebiasaan minum kopi tanpa gula, ada kenikmatan tersendiri dan ada sensasi bagi para penikmatnya. Berbeda dengan minum kopi yang dicampur dengan gula, tentunya dengan rasa yang lebih nikmat dan itu bergantung pada kebiasaan para penikmat kopi," katanya.

Pipin melihat produksi kopi asal Kabupaten Bandung menjadi perhatian banyak pihak. Tak hanya di kenal di Kabupaten Bandung, khususnya dari kalangan para penikmat kopi. Bahkan kopi asal Kabupaten Bandung diketahui para penikmat kopi asal luar daerah.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x